Rahasia pakaian ihram

~ Selasa, 24 Juli 2012

Tahukah anda bahwa kain ihram adalah bentuk ketaatan Muslim kepada Allah SWT?

Pernahkah anda melihat orang yang pergi haji atau umrah dengan pakaian selain ihram, misalnya jubah atau jas? Kalaupun ada, mereka memakainya hanya sementara. Selebihnya, mereka wajib mengenakan pakaian ihram, kain putih tak berjahit yang digunakan untuk menutup aurat selama haji atau umrah.

Melaksanakan haji hukumnya wajib, namun hanya bagi yang mampu, dan begitu juga memakai ihram. Ia adalah wajib, meski tidak ada aturan yang mengharuskan bagi yang mampu.

Mengenakan pakaian ihram menandakan bahwa di hadapan Allah Muslim tidak sanggup berbuat sombong. Semua manusia, tak peduli kaya, miskin, hitam, atau putih, diperlakukan sama; mereka semua sama-sama terbalut dalam pakaian ihram.

Pakain ihram juga pengingat bahwa semua orang akan mati dan kelak ditutup dengan kain putih, layaknya kain ihram. Selama ini, saya dan juga anda tentu belum pernah melihat orang mati yang dibungkus kain warna-warni, bukan?

Rasulullah bersabda, "Umatku yang paling cerdas dan paling mulia adalah umatku yang paling banyak ingat mati, lalu mempersiapkan diri untuk hidup setelah mati."

0 komentar:

Posting Komentar