Manfaat dan kerugian kopi

~ Kamis, 13 Mei 2010
Kopi adalah minuman yang digemari banyak orang khususnya para laki-laki, dan saya merupakan salah satunya. Tiada hari tanpa kopi. Dalam sehari, setidaknya saya harus meminum secangkir kopi di warung favorit saya, atau segelas nescafe saat di kamar sambil main HP. Jika tidak dipenuhi, kepala saya bisa pusing. Begitulah saya.

Kopi mengandung kafein. Di dunia kedokteran, kafein sering digunakan untuk merangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin.

Tubuh manusia memiliki senyawa Adenosin, yaitu senyawa yang ada dalam sel otak, yang membuat orang cepat tertidur. Nah, kafein membuat semua kerja senyawa Adenosin tersebut menjadi terbalik. Tubuh tidak lagi mengantuk. Fikiran menjadi segar, sedikit gembira. Mata terbuka lebar. Jantung berdenyut kencang. Tekanan darah naik. Hati akan melepas gula ke aliran darah.

Pada dosis yang rendah, kafein dapat membentuk energi ekstra dan berfungsi sebagai pembangkit stamina.

Selain ketergantungan, efek dari minum kopi adalah juga peningkatan resiko penyakit stroke. Selain itu, kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, dan cepat marah.

Minumlah kopi dalam jumlah yang wajar saja sehingga ia tidak akan membahayakan diri anda, dan, justru sebaliknya, bisa bermanfaat bagi kesehatan anda.
Minumlah maksimal tiga cangkir kopi sehari, tidak lebih. Atau anda sudah siap mengalami pusing kepala seperti saya?

0 komentar:

Posting Komentar