LDI (Lembar Dakwah Islam) "Nikmat dan adzab kubur"

~ Sabtu, 24 April 2010
Kubur adalah tempat yang mengerikan dan juga membahagiakan. Ia menjadi mengerikan karena adzab. Ia menjadi membahagiakan karena nikmat. Hampir setiap Muslim tahu betapa pedihnya siksa kubur. Ini seringkali memicu ketakwaan mereka. Namun selain orang-orang yang tahu tersebut, ternyata ada banyak juga Muslim yang tidak tahu bagaimana kejadian dalam kubur. Berikut saya sajikan sedikit gambaran siksa kubur. Saya ambil referensinya dari berbagai sumber. Al-Qur'an adalah salah satunya.
Sumber dari hadits dan buku-buku karangan ulama besar juga saya masukkan.

Dalam Al-Qur'an Surat Ath-Thuur ayat 47 dijelaskan, "Dan sesungguhnya untuk orang-orang yang zalim ada adzab selain itu. Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui."

Apa yang dimaksud dengan adzad diatas antara lain adalah adzab kubur.

Banyak imam dan madzab menyatakan bahwa, sebagai manusia yang beriman, kita diwajibkan percaya terhadap adanya nikmat dan siksa dalam kubur.

Imam syafi'i mengatakan, "Adzab kubur itu benar adanya dan pertanyaan yang diajukan kepada penghuni kubur juga benar adanya."

Imam Al-Ghozali dalam kitab Ihya' Menyebutkan:
1. Mayat bisa mendengar langkah kaki dari para peta'ziyah.
2. Kubur dapat berkata, "Kasihan engkau, hai anak adam. Tidakkah engkau telah diperingatkan dengan aku? Dan diperingatkan engkau akan sempitku? Busukku? Huru-haraku? Dan hewan-hewanku? Maka persiapan apa yang engkau gunakan menghadapi aku?
3. Kubur berkata lagi, "Kasihan engkau, hai anak adam. Apakah yang menipu engkau dengan aku? Apakah engkau tidak mengetahui bahwa aku ini tempat/rumah fitnah? Apakah engkau tidak mengetahui bahwa aku ini rumah gelap? Rumah ulat? Di dalam sini (kubur) itu ada bermacam-macam kejadian yang menakutkan (Al-hadits).
4. Mayat mendengar kubur memanggil, "Aku ini adalah tempat kegelapan,tempat hidup sendirian, maka jika selama engkau di dunia taat kepada Allah SWT, maka pada hari ini engkau akan memperoleh kenikmatan dan kesenangan. Jika engkau dulunya telah bermaksiat kepada Allah SWT, maka aku (kubur) ini merupakan tempat yang celaka (Ubaid bin Umair).


Orang-orang yang mendapat nikmat didalam kubur:
1. Orang yang mati syahid di jalan Allah
2. Orang yang ribath
3. Orang yang meninggal pada hri Jum'at atau malamnya
4. Orang yang meninggal karena sakit perut.

Kenikmatan bagi mereka berupa:
1. Kuburnya seperti taman yang indah dan hijau
2. Tidur seperti pengantin



Orang-orang yang akan mendapatkan adzab kubur:
1. Mereka yang tidak bersuci setelah buang air kecil
2. Mereka yang suka mengadu domba
3. Mereka yang berbuat kebohongan
4. Mereka yang suka mengambil sesuatu yang bukan haknya
5. mereka yang membaca Al-Qur'an akan tetapi tidak melaksanakan apa yang diperintahkan Allah dan yang dilarang didalam Al-Qur'an
6. Mereka yang sering melakukan zina
7. Mereka yang memakan riba

Adzab/siksa bagi mereka berupa:
1. Himpitan bumi
2. Kuburnya dikuasai oleh binatang yang buta dan tuli
3. Dicambuk dengan besi


Setelah membaca keterangan diatas, coba fikirkan nasib kita dan perasaan kita ketika ajal menjemput kita.

0 komentar:

Posting Komentar