Al-Qur'an terbesar se dunia

~ Selasa, 17 Januari 2012
Meski peperangan sering terjadi di negara tersebut, namun Afghanistan adalah sebuah bangsa dengan penduduk Muslim yang penuh semangat.

Salah satu bentuk semangat Islam tersebut adalah keberhasilan tim kaligrafi dalam menyelesaikan proyek pembuatan Alqur'an terbesar sedunia.

Walaupun dalam situasi perang selama 30 tahun, tim kaligrafi yang dipimpin oleh Mohammad Sabir Khedri sukses menuntaskan proyek Alqur'an itu, tentu saja dengan berbagai kesulitan yang ada karena ia harus menyembunyikan mushaf di tengah kericuhan negara, di antara letusan granat dan ledakan bom.

Alqur'an tersebut berukuran 2,28m x 1,55m serta berat 500kg. Halamannya sebanyak 218 lembar. Sampul terbuat dari kulit kambing. Dalam pembuatan Alqur'an ini, tim menghabiskan dana kurang lebih setengah juta dollar dan memakan waktu lima tahun.

Kitab suci raksasa ini disertifikasi oleh Kementrian Agama sebagai Alqur'an terbesar sedunia. Sebelumnya, Alqur'an dengan ukuran paling besar dimiliki Rusia yang panjang dan lebarnya mencapai 2m X 1,5m.

Mohammad sabir khedri sebagai pimpinan tim mengatakan, "Alqur'an ini rencananya mau dipamerkan pada tahun ini dan akan diletakkan di pusat kebudayaan Afghanistan di Kabul."

Alqur'an raksasa ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Afghanistan dan suatu wujud bahwa negara tersebut siap bangkit untuk membangun kembali bangsanya agar menjadi lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar